Friday, February 23, 2007

胸有成竹 Xiong You Cheng Zhu


朝 时,有一个著名的画家叫文同。他在园子里种了许多竹子,经常仔细观察竹子的生长过程,特别是在晴天,雨后以及春夏秋冬不同季节下竹子的各种形态。对竹子有了比较深切的了解。一旦到他提笔绘画时,他的胸中早已经有了竹子的形象,所以总是能够把竹子画得生动逼真,活灵活现.

“胸有成竹”比喻在做事情,已经有了充分成熟的考虑,因而成功的把握真大。


Having a Ready-Formed Plan

In The Song dynasty, there was a famous artist called Wen Tong. He was a bamboo drawing specialist.
He planted a lot of bamboos in his garden, so that he could observe the process of their growth and appearance in different seasons. He knew bamboo so well that whenever he took up the paintbrush, he already had in his mind, and hence, he could always paint bamboos in a vivid and lively way.

This idiom is used to describe having a well-thought-out plan already before one sets out to do something, making success assured.


Xiong You Cheng Zhu

Di jaman Dinasti Song, terdapatlah seorang seniman ternama bernama Wang Tong. Dia adalah pelukis specialist bambu.
Untuk mencapai tujuannya sebagai ahli lukisan bamboo, ia pun menanam banyak tumbuhan bamboo di kebun, sehingga ia dapat mengobservasi pertumbuhan & perkembangan mereka. Selain itu, Wen Tong juga dapat mengamati pemandangan bamboo dalam berbagai keadaaan dan musim. Akhirnya, ia menjadi ahli lukisan bamboo yang terkemuka. Dikatakan, dia sudah begitu mengenal dan memahami bamboo, sehingga setiap kali dia mengeluarkan kuasnya, dia sudah mempunyai bayangan secara jelas tentang bamboo tanpa perlu melihat dan mengamati lagi bamboo itu sendiri. Alhasil, setiap lukisan bambunya selalu tampak hidup dan nyata.

Idiom “Xiong You Cheng Zhu” atau “ di dalam dada sudah ada bamboo” mengambarkan bahwa apabila kita menyiapkan segala sesuatu secara terencana dan terperinci sebelumnya, bisa dibilang kesuksesan dan keberhasilan sudah ada di tangan kita.

NOTES:
Kita telah membicarakan beberapa wisdom mengenai kerja keras dan keuletan, seperti cerita mengenai martil dan pelat besi atau San Gu Mao Lu三顾茅庐. Tetapi idiom satu ini menambahkan satu unsur lain selain keuletan, yaitu planning. Tanpa rencana, keuletan menjadi sia-sia. Jadi, marilah kita mencoba melakukan segala suatu hal yang penting dengan terencana. Janganlah berpendapat “Qui Serra Serra” : whatever will be will be, tapi “Xiong You Cheng Zhu” : Be prepared or be failed.


No comments: