Monday, February 5, 2007

Lima Keping Mata Uang


Ini adalah salah satu cerita terkenal di dunia. Di zaman Dinasti Song, ada seorang Jenderal yang pintar dan bijaksana, bernama Tii Ching. Suatu saat, ia ditugaskan menempuh jarak jauh untuk berperang. Pada saat itu, semangat pasukannya semakin lama semakin rendah. Dalam peribahasanya: "Loyo sebelum perang" :)

Untuk memberi semangat, ia mengumpulkan semua prajuritnya dan berkata: " Kali ini kita menempuh jarak jauh untuk berperang. Tanggung jawab kita sangat besar. Kita harus menang atau mati. Saya akan menjatuhkan lima keping uang logam di tempat ini untuk menanyakan masa depan kita. Bila sisi bergambar kepala terbuka, maka Tuhan melindungi kita dan pasukan segera bergerak. Bila sisi sebaliknya, maka kita segera menarik pasukan dan pulang."

Selesai bicara, ia menjatuhkan kelima keping itu dan ternyata seluruhnya adalah sisi bergambar kepala!! Tii Ching berkata dengan gembira:"Tuhan memberkati kita, kita pasti memenangkan peperangan ini!" "Luar biasa!!"Guman pasukan-pasukan yang melihatnya."Kita pasti menang!!" Teriak Tii Ching lagi. Benar, semangat pasukannya menjadi tinggi. Mereka merasa Tuhan ada di pihak mereka. Lalu mereka maju berperang dan akhirnya kembali dengan kemenangan besar.

Pada pesta ucap syukur, seorang prajurit berkata pada Tii Ching:"Kali ini, kita benar-benar dalam lindungan Tuhan!" Tii Ching hanya diam dan tersenyum. Ia lalu mengambil kelima keping logam itu dan memberikan kepada prajurit itu. saat itu, prajuritnya baru mengetahui bahwa sisi lain dari uang logam itupun bergambar kepala.

Percaya pada diri sendiri adalah rahasia pertama kesuksesan

blog layouts


No comments: