Monday, August 6, 2007

常将有日思无日,莫待无时想有时
Chang jiang you ri si wu ri, mo dai wu shi xiang you shi

Melarat dech...

裕时,要常常想到可能有贫穷的那一天,不要等到贫穷了,再回忆富裕时的生活.
这条俗语告诉我们勤俭节约是管理家庭,治理国家的根本方针.富日子要当穷日子过,不要等到钱花光了才后悔.



When rich, think of poverty, but don't think of riches when you are poor

This proverb indicates that frugality is the best policy: Be frugal ven when you are rich, and don't dream of riches when you are poor, but work hard and be thrifty.

When rich, think of poverty


Chang jiang you ri si wu ri, mo dai wu shi xiang you shi

Di saat kamu sedang mempunyai banyak uang, haruslah ingat masa-masa dulu dimana uang sekecil apa pun itu berharga, janganlah berboros-boros ria, menunggu sampai kamu menjadi miskin lagi, kemudian mengingat masa-masa "jaya" dahulu.

Peribahasa ini memberitahukan kita satu hal:" berhemat dan bekerja keras adalah dasar dari manajemen rumah tangga, atau bahkan suatu negara." Kehidupan di masa jaya haruslah hidup hemat dan sederhana, janganlah menunggu sampai uang semua sudah habis, barulah menyesal di kemudian hari.

NOTES:
Apakah Indonesia bisa disebut negara yang berhemat? Bahkan di saat kita masih dalam masa krisis ekonomi sekalipun, para pejabat kita seakan-akan sudah tidak mengenal kata "hemat". Entah itu biaya "study banding". "laptop", atau lain-lainnya yang sebenarnya bisa diefisiensi malah di"maksimalisasikan". Apakah harus menunggu negara benar-benar bangkrut dan semua penduduk Indonesia jatuh miskin, baru para pejabat kita mau berhemat??

Demikian juga dengan hidup kita sehari-hari. Di saat kita sedang mendapat "berkat", seperti pekerjaan lancar, bonus melimpah, keluarga sehat dan tentram, janganlah terlena dalam arus dunia "konsumtif". Ingatlah baik-baik peribahasa ini, bila kamu sedang "kaya", ingatlah masa-masa miskin dulu, sebaliknya, di saat kamu miskin, jangan lagi mengingat masa-masa "kaya" dulu. Bisakah kita???


1 comment:

The Kingdom of Alphanina said...

Betul sekali saudara. Kami sendiri kadang maunya hemat, tapi ortu bisa meminta uang pada waktu tak terduga sehingga isi tabungan buat kawin terpaksa berkurang. Wehehehe