Saturday, March 15, 2008

三人成虎
San Ren Cheng Hu


国时,巍王的臣子庞葱问巍王:〖现在有一个人说街上有老虎,你相信吗?】巍王说:〖不相信。〗
庞葱又问:〖两个人说街上有老虎,你相信吗?】巍王表示有点怀疑。庞葱又问:〖三个人说街上有老虎,你相信吗?】巍王说:〖我相信了。〗庞葱说:〖街上没有老虎是很明显的事,然而,三个人都说有老虎你就相信了。要警惕谣言变成真话呀!〗

〖三人成虎〗比喻谣言多次流传,就可能使人信以为真
己.



Repeat a Lie Enough Times and It will Be Believed

In the warring state period, Pang Cong, a minister of the state of Wei, said to the King of Wei: “Someone said that there are tigers in the streets. Do you believe it?” The King answered, “No, I don’t believe it.”
Pang Cong said later: “Now two people have said that there are tigers in the streets. Do you believe it?” The King showed some doubt. Then Pang Cong said again: “Now 3 people have said the same thing. Do you believe it?” The King said: “Now I do.”
Pang Cong continued, “There are no tigers in the streets at all. Yet if 3 people say the same thing, you believe it! We must be alert against rumors gaining credence.”
This idiom points out that a rumor, if repeated often enough, may come to be believed.



San Ren Cheng Hu
Di jaman Negara-negara berperang, Pang Cong, seorang menteri dari Negara Wei berkata pada Raja Wei: “Seseorang datang dan melaporkan ada macan di jalanan. Apakah Baginda mempercayainya?” Sang Raja menjawab: “Tidak, aku tidak percaya.”
Pang Cong kemudian berkata: “ Sekarang telah ada 2 orang datang dan berkata ada macan di jalanan. Apakah Baginda mempercayainya?” Sang Raja tampak ragu-ragu.
Tak berapa lama. Pang Cong kembali menghadap dan berkata: “Sekarang telah ada 3 orang berkata hal yang sama. Apakah Baginda mempercayainya?” Sang Raja menjawab: “Ya, aku percaya.”
Pang Cong kemudian berkata. “Sama sekali tidak ada macan di jalanan. Hanya karena ada 3 orang mengatakan hal yang sama, Baginda pun menjadi percaya. Kita harus hati-hati terhadap rumor yang seakan-akan dapat dipercaya.”

“San Ren Cheng Hu” adalah idiom untuk menunjukkan apabila sebuah rumor atau gossip diulang terus menerus maka akan banyak orang mempercayainya.


NOTES:

Jangan mudah percaya dan terprovokasi oleh suatu kabar burung. Selidiki dulu baik-baik dan jangan langsung terpancing emosi. Negara kita termasuk gampang terpancing emosi oleh suatu kabar yang belum tentu benar.

Jadi, tenangkanlah hati dan pikiranmu. Gunakan otakmu dan jangan sekedar hatimu dalam memutuskan segala sesuatu.


2 comments:

Patrisius Djiwandono said...

Agree.

Blog Anda bagus. Salut. Saya suka ide-idenya, belum lagi tampilannya yang rame. Check me out at http://patrisiusdjiwandono.blogspot.com

Tentang kabar burung ini sy juga menulis yang agak mirip di http://patris16.wordpress.com

Evita Christiana 6B /7 said...
This comment has been removed by the author.