Friday, February 12, 2010

三人成虎
Repeated Lie


战国时代,魏国的臣子庞葱问魏王:“现在有一个人说街上有老虎,你相信吗?”魏王说:“不信” 庞葱又问:“两个人说街上有老虎,你相信么?” 魏王表示有点怀疑。 庞葱又问:“三个人说街上有老虎, 你相信吗?” 魏王说:“我信了。” 庞葱 说:“街上没有老虎是很明显的事,然而,三个人都说有老虎你就相信了。要警惕谣言变成真话呀!”

”三人成虎”比喻谣言多次流传,就可能 使人信以为真


在现代的社会中,我们不但跟谣言真实分不开,而且谣言已站在重要的地方。拿JOHN TERRY,英国足球队的队长来说,因为最近第三者的谣言,他再也没当队长了。天天我们会听到别人的八卦。这样,我们不能轻易相信别人的八卦,要先弄清楚真的还是假的,说这种谣言有什么目的 甚至对人家有什么影响。 我们千万不要幸灾乐祸,因为说不定有一天我们因谣言而伤心。恶有恶报,善有善报。




Pada periode Negara-negara berperang, Pang Cong, PM dari Negara Wei, berkata pada Raja Wei: "Seseorang mengatakan ada macan di jalanan. Apakah baginda percaya?" Raja berkata: "Ngak percaya!"  Lalu Pang Cong berkata: "Ada orang datang lagi berkata ada macan di jalanan. Baginda percaya?" Pang Cong mulai berpikir lagi. Kemudian Pang Cong datang lagi dan berkata: " Ada orang ketiga datang dan mengatakan ada macan di jalanan. Apakah Baginda percaya?" Raja Wei pun berkata: "OK, aku percaya!"

Pang Cong tersenyum mendengar jawaban sang raja, kemudian berkata: "Di jalanan tidak ada macan. Hal ini sangat jelas. Tetapi karena Baginda mendengarnya terus-menerus, lalu menjadi percaya. Oleh karenanya kita harus waspada terhadap gosip!" "San Ren Cheng Hu/Tiga orang sama dengan macan" ini berarti kebohongan yang diucapkan berulang kali akan dapat dipercaya.

Di masyarakat modern seperti ini, Gosip bukan saja tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari melainkan juga sudah menempati posisi penting dari kehidupan sosial kita. Ambil contoh JOHN TERRY, mantan kapten Timnas Sepak bola Inggris. Karena gossip perselingkuhannya baru-baru ini, ia pun dicopot dari jabatannya sebagai kapten tim.

Dalam keseharian, kita pasti mendengar banyak gosip. Tetapi kita jangan dengan mudah percaya pada gosip yang tidak jelas. KIta harus selidiki dulu kebenarannya, apa tujuannya ada gosip seperti ini, sampai apa pengaruh gosip ini terhadap korban gosip. Janganlah kita bahagia atas penderitaan orang lain. Ingat! Apa yang ditanam itu yang akan dituai. Mungkin suatu hari bisa jadi kita menjadi korban gosip itu sendiri.


1 comment:

Samuel Goh Kim Eng said...

Interesting trilingual blog. Keep up with the good work.

Samuel Goh Kim Eng
http://MotivationInMotion.blogspot.com
Sun. 28th Mar. 2010.