Monday, October 6, 2008

忠言逆耳
Zhong Yan Ni Er

Don't let critics turn you down

秦末,刘邦率大军占领了秦朝的都城咸阳. 他来到秦王宫中查看,只见建筑华丽,琳琅满目的宝物,四处陈列,又许多漂亮的宫女向她行礼,刘邦大为喜欢,想在这样豪华的地方住下来,好好享受一番。

刘邦手下的大将樊哙担心他从此贪图享乐,不再有争夺天下的雄心,就去劝刘邦远离那些致使秦朝灭亡的东西,但刘邦根本听不进去。

谋士张良得知后,也来劝刘邦说:“秦朝不得民心才会被推翻,您现在在刚进秦地就贪图享乐,我担心秦朝昨日灭亡,而明天就是您灭亡。欲说:” 忠言逆耳利于行,良药苦口利于病“,尽管这些话听起来并不顺耳,还是希望您能听从。”

刘邦听了这番话,猛然醒悟,马上下令将财物封存入库,关闭宫门,率军返回军营。

现在我用“忠言逆耳” 来形容诚恳的劝告往往听起来不顺耳,就像良药苦于口而利于病。

Liu Bang

备注:
受到严格的批评,你不应该抱怨,觉得委屈,而应该感激愿意指责我们的人,他们使我们看到自己的不足。批评源于关心,你想想陌生人会批评你吗?就像以上的故事,刘邦的大将及谋士反复批评他因为他们关心他们的领导,不要他乐极生悲。因此,我们对待他人的批评都应该虚心接受,有则改之,无则加勉。

在人生的道路上,你一定会遭到许多不客气的批评。其中有些或许真的指出你某些方面的不足和欠缺,而另外一些则完全是无中生有,恶意的人身攻击。有时候,批评甚至是一种伪装的恭维。

要想让自己变得更加完美和优秀,接受批评是最好的方法。因为别人的批评会告诉你,现在是一种什么状态,并足使你去改变。其实,一个优秀的人的成长,就是接受批评与自我完善的过程。



Good advice often jars for ears

Listen to the critics

Last period of Qin dinasty, Liu Bang lead the main forces to capture capital Xianyang of Qin Dynasty. Then, He came and looked over in The palace of Emperor Qin. Not just the building was magnificent, also a lot of luxurious treasure in everywhere, and a lot of beautiful maids saluted her, Liu Bang greatly loved them and decide to live in so luxurious a place for a while.

Liu Bang's senior general Fan Hui is afraid that he sought pleasure from then on , did not have a great ambition of fighting for the world again, went to advise Liu Bang to be far away from those to cause things becoming extinct in Qin Dynasty, but Liu Bang closed one's ears to at all.

The adviser Zhang Liang then came to advise Liu Bang: "Qin Dynasty can be overthrow because they don' t get the people hearts, you just enter Qin palace and seeking pleasure now, I am worry that yesterday Qin Dynasty was extinct, and that you became extinct tomorrow. There was a saying that: " although unpleasant to the ear, the sincere advice is benefit to the conduct; though bitter in the mouth, the right medicine will have good effects to your health ", though the words do not sound pleasing to the ear, hope that you can obey. "

After Liu Bang listened to these words, he suddenly realized the truth, and immediately ordered to seal the property up for safekeeping then put in storage, closed the palace door, lead the army to return to the military camp .

Now we are using “Zhong Yan Ni er” to describe good advice often jars on the ear , just likes the good medicine bitter in the mouth but has awesome effects to your health .

Accept critic wisely

Notes:
If you get strictly criticized, you should not complain nor sad, but should grateful to your critics, they make us see our own deficiency. Criticism based on caring, do you think about the stranger will criticize you? Just like the story above, Liu Bang's senior general and adviser criticize him because they are caring about their leader, so them repeatedly advised him, they don't want Liubang to be extreme joy begets sorrow. The criticism should be accepted modestly, correct mistakes if you have made any and guard against them if you have not.

In this life, you must suffer a lot of impolite criticism. Among them perhaps some really point out the deficiencies, showing your really condition. Others' just totally creates something out of nothing, to attack you personally. Sometimes, criticizes is a mask for compliment..

If you want to be outstanding and better, the best way is by accepting criticism. Because others' criticism will tell you, a kind of condition you are now, and what you shoud change. In fact, the growth of an outstanding person, is a process of accepting criticism and self-perfection from time to time.



Zhong Yan Ni Er

Liu Bang


Di akhir dinasti Qin, Liu Bang beserta pasukannya menyerang dan berhasil menduduki ibukota Qin, XianYang. Saat dia memasuki istana Qin, dia terkagum-kagum akan bangunanya yang megah, barang-barang berharga dimana-mana, dan juga dayang-dayang istana cantik yang sudah berlutut menyembahnya. Tak terasa, Liu Bang terlena akan kemewahan ini, dan memutuskan untuk mencoba menikmatinya sebentar.

Jenderal Fan Kuai, bawahan Liu Bang, khawatir Liu Bang terlena akan kenikmatan duniawi, tidak lagi mempunyai ambisi untuk berjuang, lalu menasihati Liu Bang untuk meninggalkan hal-hal yang membuat dinasti Qin hancur ini, tetapi Liu Bang tidak mau mengindahkan.

Penasihat Perang Zhang Liang juga akhirnya turun tangan menasihati Liu Bang dan berkata: “ Karena Dinasti Qin tidak lagi mendapat mandate rakyat, makanya bisa digulingkan. Sekarang tuanku baru saja masuk istana Qin sudah tamak akan kenikmatan duniawi ini. Bila terus seperti ini, saya khawatir baru saja Dinasti Qin hancur, besok giliran tuanku yang hancur. Ada pepatah berkata: “Pepatah yang baik tidak enak didengar tapi berguna untuk dilakukan, seperti obat yang pahit di mulut tapi berguna untuk menyembuhkan penyakit. Walaupun nasihat Saya kurang berkenan bagi tuanku, Saya berharap tuanku mau melaksanakannya.”

Setelah Liu Bang mendengar nasihat bijak ini, dia segera tersadarkan dan segera memerintahkan untuk menyegel harta dalam gudang, dan mengunci pintu masuk istana, serta memimpin pasukan kembali ke barak.

Sekarang kita menggunakan “Zhong Yan Ni Er” untuk menggambarkan bahwa nasihat yang tulus seringkali tidak enak didengar, bagaikan obat yang manjur seringkali pahit di mulut tapi efektif untuk menyembuhkan penyakit.
Critics based on caring

NOTES:
Saat menerima kritikan pedas dari orang lain, kita tidak seharusnya mengeluh atau merasa gagal, sebaliknya harus merasa bersyukur masih ada orang yang mau mengkritik kita, karena mereka memberitahu kita kekurangan kita ada dimana. Kritik sebenarnya berasal dari perhatian dan saying, coba kita pikir apakah orang tak dikenal atau asing mau mengkritik kita? Seperti halnya kisah di atas, Jenderal perang dan penasihat berulang kali mengkritik Liu Bang bukan karena mereka ingin menjatuhkannya, tetapi karena mereka sayang dan perduli kepadanya, tidak mau pimpinan mereka terhanyut dalam kenikmatan.Oleh karenanya, kita harus dengan rendah hati menerima kritik, kalau ada kesalahan, segera diperbaiki, dan kalau tidak ada kesalahan, tetap dilatih dan dimantapkan.

Dalam perjalanan hidup manusia, kita pasti bertemu banyak kritikan pedas dan tidak sungkan-sungkan. Beberapa diantaranya benar-benar menunjukkan kesalahan dan kekurangan kita, tetapi ada juga yang tidak berdasar, dan dengan niat jahat ingin menjatuhkan kita. Kadang-kadang kritik jugalah pujian yang terselubung.

Salah satu cara terbaik untuk memperbaiki kualitas diri anda adalah menerima kritik dengan rendah hati, karena kritik orang lain bisa memberitahukanmu keadaanmu saat ini seperti apa, bahkan mendorongmu untuk lebih maju. Sebenarnya pertumbuhan seseorang yang benar ditentukan oleh proses bagaimana cara dia menerima kritik dan terus memperbaiki dirinya sendiri.


No comments: